Seberapa Besar Kapasitas Penyimpanan Otak Kita?

Ilustrasi otak manusia.

Tiap kali dikejar deadline ngumpulin tugas kita pasti panik mindahin file dari laptop ke flashdisk dan sudah pasti menjadi misteri alam semesta jika sedang buru-buru pasti ada saja kendala dan masalah yang datang secara tiba-tiba, salah satunya ya memori nya penuh, akhirnya biar semua file tersebut muat, mau gak mau kita harus hapus file lain.

Oke, mungkin kita jadi kepikiran sama otak kita. Mungkinkah otak kita tiba-tiba kepenuhan? Apabila iya, apakah harus ada memori yang harus dihapus? Dan emang seberapa besar kapasitas memori otak kita kalau bisa dihitung? 

Jawabannya, untungnya otak manusia punya kapasitas yang gede banget. Kata para ahli, otak manusia memiliki kapasitas 2,5 petabyte atau 1.000.000 gigabyte atau juga setara dengan film berdurasi 3.000.000 jam yang enggak bakalan abis ditonton sampai 300 tahun lamanya. Tentu saja angka ini baru perkiraan, tapi yang lebih penting adalah cara kerja otak berbeda dengan alat penyimpan data. 

Otak kita menyimpan data dengan menyambungkan neuron, kalau ibarat kata tukang pos yang bolak-balik nganterin paket dari otak ke bagian tubuh yang lain. Didalam otak ada kurang lebih 86 Milyar neuron dan selama kita hidup, neuron didalam otak kita akan terus selalu berkembang melahirkan neuron lainnya ketika kita belajar hal baru.

Oke, kalau gitu kenapa kita sering lupa daftar belanjaan kalau disuruh belanja ke warung? 

Jadi ingatan itu dibagi menjadi 2 macam, ada yang disimpan sebentar dan ada juga yang disimpan dalam jangka panjang. Kekuatan ingatan tiap orang juga berbeda-beda. Otak manusia mempunyai kapasitas penyimpanan memori jangka panjang yang tidak terbatas, tetapi kekuatan ingatan pendek tergantung dengan kekuatan neuron.

Dan apabila memiliki kebiasaan bergadang, jarang olah raga, serta minum-minuman beralkohol, siap-siap anda akan memiliki kekuatan ingatan yang sangat lemah. Nah biar kita enggak gampang lupa, ingatan juga bisa dilatih, sama seperti otot kita, kalau makan-makanan sehat, rajin berolahraga dan melakukan kebiasaan yang baik untuk kesehatan, ingatan kita bakalan kekar bertenaga, ini karena neuron di otak kita jika sedang dilatih akan selalu aktif dan saling berhubungan. Semakin banyak dan semakin sering terhubung, maka akan semakin gampang juga ketika kita memanggil informasi yang kita butuhkan. 

Sekarang kita tahu meskipun kapasitas otak manusia ada perkiraannya tetapi kekuatan ingatan manusia bisa jadi enggak ada batasnya. Meski meningat itu sangat penting, belajar buat lupa juga bisa bikin hidup lebih tenang apalagi kalau memori nya yang menghantui tiap kita mau tidur. 


Belum ada Komentar untuk "Seberapa Besar Kapasitas Penyimpanan Otak Kita?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel