Artis Senior Rudy Salam Meninggal Dunia

Artis berpengalaman indonesia namanya Rudy Salam wafat pada Jumat (18/11).

Berita itu dijumpai lewat upload yang dibagi oleh Gading Marten di Instagram.

Gading kelihatan membagi foto usang Rudy salam saat masih terbilang muda.

Rudy Salam Meninggal Dunia.

Gading tuliskan pesan dan doa atas keperginya Rudy untuk selama-lamanya.

Pesan dan doa Gading itu berisi keinginan supaya semua masa lalu mengenai almarhum Rudy saat hidup terus akan abadi.

Disamping itu, Gading berdoa supaya almarhum Rudy memperoleh tempat terbaik disebelah Tuhan.

"Rest In Peace om Rudy Salam ???? Kekallah kenangannya Tuhan kasihanilah," catat Gading Marten di Instagram yang diambil pada Jumat (18/11).

Sudah diketahui, Rudy Salam sebagai salah satunya saudara kandungan dari Roy Marten yang notabene ayah Gading.

Rudy lalu menikah dengan artis Marina Gardena dan memiliki 2 orang anak.

Nama Rudy terkenal saat bersaing akting dengan artis Doris Callebaute dalam film Sejuta Duka Ibu, Rosita, dan Garis-Garis Hidup.

Disamping itu, Rudy terkenal saat bermain film bersama Tanty Yosepha dalam film Sejuta Serat Sutera.

Berita duka atas keperginya Rudy Salam jadi perhatian dari beberapa aktris.

Banyak rekanan aktris yang turut ucapkan berkabung di kotak kometar upload Gading.

"Ikut bersedih @gadiiing dan keluarga RIP om Rudi Salam," catat Audy Poin.

"Ya Allah pujaannya almarhum nyokap dahulu ini. ikut bersedih cita ya papading dan kel om rudi. smoga Tuhan ksh penghiburan. Aamiin," catat Sinyorita Esperanza.

"Ikut bersedih cita ya gan @gadiiing dan keluarga..RIP om Rudi Salam..," catat Iman J-Rock.

"Ikut berkabung," catat Rieka Roslan.

"Ikut berkabung sedalam-dalam nya," catat Dewi Rezer.

Almarhum Rudy Salam wafat di Rumah Sakit Wangi pada umur 73 Tahun.

Artis Senior Rudy Salam Wafat 

Rudy Salam Bersama Keluarga.
Rudy Salam, artis senior yang menjadi bintang film "Sejuta Serat Sutera" wafat pada Jumat (18/11/2022) dalam umur 73 tahun.

Artis senior yang memainkan film di zaman 70-an mengembuskan napas terakhir kalinya di Rumah Sakit Wangi, Jakarta Timur sesudah jalani perawatan intens. Tetapi, tidak dikenali tentu pemicu kematiannya.

Berita itu pertama kalinya dikatakan dari upload cerita Instagram salah satunya anaknya yaitu Runa Salam.

"Sudah berpulang ke rumah Bapa di Surga, suami/papah/opa dan saudara kami tersayang Rudi Salam di hari Jumat 18 November 2022 jam 06.04 WIB," kata Runa di Instagram stories-nya, Jumat (18/11/2022).

Mencuplik Di antara, Runa mengatakan jika si Ayah akan dimakamkan di Rumah Duka PGI Cikini, Jakarta Pusat.

Rudi Salam tinggalkan Marina Gardena si istri, 2 orang anak yakni Runa Ricci Salam dan Rama Gagah Salam, dan 5 orang cucu.

Roy Marten, adik kandungan Roy Salam ikut mengucapkan berkabung ke kakaknya lewat upload di Instagram.

Photo itu menunjukkan ke-2 nya saat muda, Roy menambah kalimat dalam photo itu.

"Tuhan yang memberikan Tuhan juga yang ambil, sudah berpulang kerumah Bapa disurga tertidur dalam keabadian pada tempat di mana tidak ada kesengsaraan dan duka cita. Kakakku yang tersayang Rudy salam kekallah kenanganmu," tutur Roy.

Gading Marten, sepupu Rudy Salam, ikut sampaikan pernyataan dukacita ke beberapa ponakannya.

Gading mengupload photo Rudy Salam saat muda dan menghaturkan doa untuk pamannya itu.

"Rest In Peace om Rudy Salam. Kekallah kenangannya. Tuhan kasihanilah," tutur Gading.

Rudy Salam dikenali warga Indonesia karena keahliannya dalam beradegan, khususnya di zaman 70 sampai 80-an.

Beberapa kreasinya yang populer, salah satunya "Sejuta Serat Sutera", "Wanita Tanpa Dosa", "Rosita", "Garis-Garis Hidup", dan ada banyak yang lain.

Disamping itu, ia aktif berlanglang buana di monitor kaca melalui beragam film sinetron populer seperti "Pernikahan Awal", "Buku Harian Nayla", "Candy", sampai "Nikita".

Artis senior Rudy Salam wafat pada umur 73 tahun di RS Wangi pada jam 06.04 WIB, Jumat (18/11). Dia terkenal pada dasawarsa '70-an sampai '90-an lalu dengan menjadi bintang banyak film sinetron dan film.

"Tuhan yang memberkati, Tuhan juga yang ambil. Sudah berpulang ke rumah Bapa di Surga, Suami/papah/opa dan saudara kami tersayang, Rudi Salam, pada Jumat 18 November 2022 jam 06.04 WIB di RS. Wangi," catat Runa Salam, anak Rudi Salam di account Instagram kepunyaannya, Jumat (18/11).

Menurut Runa, mayat ayahnya akan dimakamkan di Rumah Duka PGI Cikini. Rudy dijumpai tinggalkan seorang istri namanya Marina Gardena, 2 orang anak Runa Ricci Salam dan Rama Gagah Salam, dan 4 orang cucu.

CNNIndonesia.com sudah minta ijin ke Runa untuk mencuplik upload itu.

Lahir bernama komplet Rudy Sutantio Abdul Salam pada 3 Desember 1948 di Salatiga, Jawa tengah, dia sebagai kakak pertama dari Roy Marten.

Berdasar data filmindonesia.or.id yang ambil dari Apa Siapa Orang Film Indonesia peluncuran Yayasan Aktris Film dan Sinematek Indonesia pada 1979, Rudi Salam sebelumnya akan terjun terlebih dahulu dari Roy Marten.

Rudi sebelumnya memperoleh penawaran untuk main film di Brandal-brandal Metropolitan pada 1971. Tetapi gagasan itu gagal karena dianya perlu ke Jerman dan baru pulang pada 1976. Roy juga menyelip dengan tampil di Bobby pada 1974.

Saat pulang ke Indonesia, Rudy Salam selanjutnya diambil oleh sutradara Motinggo Busye untuk film Sejuta Duka Ibu pada 1977. Saat itu, adiknya, Roy telah dikenali sebagai bintang film yang populer.

Tetapi reputasi Roy tidak merintangi Rudy untuk exist. Namanya langsung melesat dan memancing ketertarikan industri film.

Dia lantas memperoleh penawaran bermain dalam empat film, Garis-garis Hidup, Yang Muda Yang Bercinta, Jakarta Jakarta, dan Bintik dan Cinta pada 1977.

Dalam satu tahun pada dasawarsa itu, dia dapat bermain lebih dari lima film. Beberapa judul yang populer dari Rudy Salam ialah Ali Topan Detektif Partikelir Turun ke Jalan (1979), Wanita Semua Jaman (1979), Saat Cinta Harus Pilih (1981), Sundelbolong (1981), Beberapa langkah Tentu (1989).

Namanya terus bertahan sampai tv swasta ada dasawarsa '90-an. Dia juga bermain dalam beragam penawaran film sinetron di monitor kaca, salah satunya yang populer ialah Pernikahan Awal di awal milenium lalu.

Dia selanjutnya terus bermain dalam film sinetron, seperti Buku Harian Nayla (2006), Candy (2007), Namaku Mentari (2008), Nikita (2009), dan Kau yang Datang dari Bintang (2014).

Sejauh hidup, Rudy Salam sudah bermain dalam beberapa puluh judul film dan film sinetron. Namanya juga terkenal bersama dengan Roy Marten dan dikenali sebagai kakak-adik artis terkenal pada jamannya.

Roy juga awalnya menyampaikan kabar berita kematian kakaknya itu di sosial media kepunyaannya. Roy mengikutkan photo usang bersama kakaknya saat mereka berdua masih mendominasi industri selingan di tanah air.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama