Penyebab Kebakaran Pasar Banjarsari Ciamis Diduga dari Korsleting Listrik

Pemicu kebakaran Pasar Banjarsari, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, yang terjadi pada Selasa (27/09/2022) malam diperhitungkan dipacu dari korsleting listrik dalam suatu kios yang ada di block B.

Bermula dari ledakan lampu dalam suatu kios karena arus pendek listrik (korsleting) yang selanjutnya membakar bangunan sampai pada akhirnya merambat ke bangunan kios yang lain. Disampaikan, beberapa ratus kios di Pasar Banjarsari terbakar dengan kerusakan yang bermacam.

Lampu Meletus di Block B Diperhitungkan Pemicu Pasar Banjarsari Ciamis Kebakaran

Menurut salah seorang masyarakat yang petugas ronda di lingkungan Pasar Banjarsari, Bijak Prianto, sumber api datang dari salah satunya kios yang ada di block B. Ia menjelaskan dianya menyaksikan lampu di kios itu meletus dan tidak selang berapakah lama langsung membakar bangunannya.

"Api cepat sekali membakar bangunan kios. Sesaat sesudah membakar satu kios selanjutnya merambat ke kios yang lain. Waktu itu saya menyaksikan 4 kios telah terbakar," kata Bijak, ke keinginanrakyat.com, Rabu (28/09/2022) pagi hari.

Bijak menyangka pemicu kebakaran Pasar Banjarsari disebabkan dari korsleting listrik yang selanjutnya memacu lampu dalam suatu kios meletus. "Kebenaran status saya saat itu pas ada di muka kios yang lampunya meletus. Saat menyaksikan lampu meletus dan memacu kebakaran saya juga cemas dan langsung memberikan laporan ke kantor kecamatan," katanya.

Bijak mengutarakan saat awalnya kebakaran masyarakat kesusahan mematikan api karena kurangnya sumber air. Saat ditanyakan apa di Pasar Banjarsari ada hydrant atau alat pemadam api saat keadaan genting? Diakuinya tidak paham. Namun saat awalnya peristiwa kebakaran masyarakat kesusahan mematikan api karena kurangnya sumber air.

"Saat api belum melahap banyak kios, mobil pemadam kebakaran dari Banjarsari sebetulnya telah tiba. Tetapi karena kekurangan jumlah mobil damkar, kobaran api gagal dipadamkan. Api mulai padam sesudah tambahan mobil Damkar dari Ciamis dan Banjar banyak yang datang," bebernya.

Sampai informasi ini diupload, keinginanrakyat.com belum sukses mendapatkan info sah dari faksi berkuasa berkaitan pemicu kebakaran Pasar Banjarsari Ciamis.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama