Intel, Samsung Debutkan PC 'Slidable' Dengan Layar yang Dapat Diperpanjang

JS Choi, pemimpin divisi tampilan Samsung, menunjukkan layar "slidable" yang dapat diperpanjang dengan menarik satu sisi dari diagonal 13 inci ke diagonal 17 inci.

Ini adalah upaya baru untuk menghadirkan jenis laptop yang berbeda -- atau tablet, mungkin. Juga, CEO Gelsinger memulai debut prosesor Intel Raptor Lake generasi berikutnya.

Intel dan Samsung memiliki ide baru lainnya tentang cara membuat PC: perangkat "yang dapat digeser" dengan layar yang melebar ke ukuran yang jauh lebih besar saat Anda menarik tepinya.

Tanpa keyboard, PC yang dapat digeser dan lebih mirip tablet ini. Namun dengan diagonal layar mulai dari 13 inci hingga 17 inci, ukurannya lebih mirip laptop. Intel Chief Executive Pat Gelsinger dan JS Choi, pemimpin divisi tampilan Samsung, menunjukkan perangkat di  Intel Innovation  Selasa, sebuah konferensi di mana perusahaan juga memulai debutnya  prosesor Core Generasi ke-13 Intel yang baru.

Perangkat PC yang dapat digeser akan memenuhi kebutuhan akan layar besar dan portabilitas, kata Gelsinger. Ini adalah demonstrasi dari apa yang mungkin dengan teknologi layar OLED yang dibangun di atas substrat plastik fleksibel.

Tidak jelas kapan atau bahkan apakah ide PC yang dapat digeser akan matang menjadi sebuah produk. Namun desain menunjukkan bagaimana industri PC terus mencoba perangkat keras baru untuk melampaui laptop clamshell tradisional dengan keyboard dan layar yang dihubungkan oleh engsel. Contoh lain termasuk laptop yang layarnya berengsel ke belakang untuk mengubah perangkat menjadi tablet dan ThinkPad X1 Fold , dengan layar lipat.

CEO Intel Pat Gelsinger menunjukkan bagaimana layar PC "slidable" dapat memanjang dari diagonal 13 inci ke diagonal 17 inci.

Bagian yang bergerak dan komponen yang fleksibel meningkatkan tantangan kompleksitas dan keandalan. Biaya juga meningkat, kekhawatiran selama pasar PC menyusut . Tetapi desain baru dapat menemukan ceruk, dan PC premium bernasib lebih baik daripada PC anggaran, Michelle Johnston Holthaus, kepala grup chip PC Intel, mengatakan pada konferensi tersebut.

Awal tahun ini, Samsung mendemonstrasikan layar ponsel yang dapat digeser bersama dengan desain baru lainnya.

Meskipun prototipe PC yang dapat digeser tidak memiliki keyboard, satu dapat ditambahkan saat desainnya matang, misalnya dengan melipat dari bawah, kata Holthaus.

Selamat datang, prosesor Danau Raptor

Juga di acara tersebut, Gelsinger juga memamerkan prosesor Raptor Lake baru yang diluncurkan di rak-rak toko pada 20 Oktober. Prosesor tersebut mempercepat inti CPU yang didedikasikan untuk tugas-tugas prioritas tinggi dan menggandakan jumlah inti CPU yang didedikasikan untuk menjalankan pekerjaan dengan prioritas lebih rendah. efisien.

Chip baru mencapai kecepatan baru, dengan jam yang berdetak secepat 5.8GHz, tetapi mereka juga menarik lebih banyak daya di mesin desktop. Harapkan peningkatan pada tahun 2023: "Awal tahun depan kami akan merilis [model] yang untuk pertama kalinya mencapai 6 gigahertz di luar kotak," meskipun Intel akan mengirimkannya hanya dalam volume terbatas, kata Gelsinger.

Prosesor PC adalah kunci masa depan Intel, tetapi perusahaan menghadapi persaingan yang ketat. AMD telah mengikis dominasi Intel, khususnya di pasar PC gaming kelas atas, dan jajaran AMD Ryzen 7000 menjanjikan peningkatan kecepatan yang signifikan.

Apple, yang mengeluarkan Intel dari laptop dan desktop Mac-nya demi prosesor M1 dan M2-nya sendiri, merupakan tantangan lain bagi Intel.

"Mereka adalah pesaing yang tangguh, dan mereka memiliki bagian yang bagus. Tujuan kami adalah membangun bagian yang sama baiknya," kata Holthaus. "Seperti yang Anda lihat pada generasi mendatang, ketika Anda memikirkan kinerja per watt, kami akan memiliki produk yang benar-benar bersaing dengan Apple."

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama