Rekomendasi Seblak di Kebumen

Seblak adalah salah satu jajanan khas Bandung yang belakangan sedang sangat populer. Seblak terkenal di berbagai daerah, tak hanya di pulau Jawa saja. Hal ini karena seblak menawarkan suatu cita rasa yang unik dan khas, membuat banyak orang penasaran untuk mencicipi dan jatuh cinta pada rasanya.

Seblak khas Bandung berbahan dasar kerupuk mentah yang direndam ke dalam air panas agar lembek. Kerupuk yang sudah lembek ini lantas diolah dengan tambahan berbagai bahan pendamping seperti telur, makaroni, sosis, bakso aci, mie, sayuran hijau, dan masih banyak lagi kreasi seblak yang lainnya.

Anda bisa dengan mudah mendapatkan seblak, karena ia banyak dijual di berbagai tempat. Mulai di pinggir jalan hingga di dalam mall. Namun, jika Anda tertarik untuk membuatnya sendiri, maka artikel ini akan tepat untuk Anda.


Sejarah Seblak

Keberadaan kuliner pedas dalam beberapa waktu belakangan kian digemari oleh masyarakat Indonesia. Sensasi pedas yang menggiurkan menarik minat masyarakat untuk menantang diri mencoba berbagai tingkat pedas yang ditawarkan. Salah satu kuliner pedas populer yaitu seblak. Makanan yang dikenal berasal dari Jawa Barat ini terbuat dari campuran bumbu cikur (kencur) dan aneka topping seperti kerupuk kuning kenyal, mi, makaroni, bakso, aci, dan cabai. Kata seblak, berasal dari bahasa sunda "segak" dan "nyegak" yang artinya menyengat. Makna seblak ditujukan untuk bumbu cikur atau kencur yang menjadi penyedap masakan. Sementara kerupuk kenyal, mi, bakso, makaroni, dan kerupuk aci merupakan isi seblak.

Sejarawan kuliner Fadly Rahman mengatakan tidak ada bukti tertulis yang pasti mengenai asal mula hadirnya seblak.  "Tidak ada bukti tertulisnya, ada yang mengatakan (seblak) dari Bandung, ada yang mengatakan asalnya dari Cianjur. Tapi yang pasti memang seblak lahir atau muncul pertama kali di beberapa daerah di wilayah Jawa Barat," kata Fadly saat dihubungi oleh Kompas.com melalui sambungan telepon pada Jumat (25/2/2022). Fadly mengatakan bahwa seblak merupakan hasil dari kreativitas masyarakat Jawa Barat yang mencampurkan aneka bahan makanan. Menurutnya, daya tarik kuliner seblak itu terdapat pada cita rasa pedas yang dinilai menantang. "Bahkan kalau dilihat dari buku resep masakan Sunda zaman dahulu, tidak ada seblak. Ini memang murni hasil dari kreativitas generasi muda zaman dulu," katanya. Fadly menyampaikan, seblak muncul di Jawa Barat sejak 1990-an dan mulai populer pada awal 2000-an hingga sekarang. 

Salah satu topping yang digunakan dalam kuliner seblak yaitu kerupuk aci. Menurut Fadly, hal ini merupakan hasil modifikasi yang dilakukan oleh masyarakat terhadap melimpahnya produksi tapioka di Jawa Barat. "Jawa Barat itu sentra produksi tepung tapioka, makanya banyak sekali ragam kuliner aci-acian  yang populer," katanya. Ada beragam kuliner yang dibuat dari tepung tapioka di Jawa Barat, seperti cireng (aci  digoreng), cilok (aci dicolok), bakso aci, dan kerupuk aci untuk topping seblak.  "Jadi, kalau ditanya komposisi seblak Bandung, tidak ada ada jawaban yang pasti karena setiap pelaku usaha seblak punya versinya masing-masing dalam memodifikasi aci dan topping seblak," katanya.

Rekomendari Seblak di Wilayah Kebumen

Salah satu kedai seblak di Kebumen adalah Seblak Faireen yang berlokasi di Jatisari rt01 RW 03 , Sukomulyo Kebumen.

Tempat seblak di Kebumen yang satu ini cukup terkenal. Rasanya yang lezat dan gurih akan membuat kamu ketagihan.

Kamu bisa order secara langsung ke tempat tersebut, atau order melalui aplikasi Shopee Food dan aplikasi marketplace lainnya.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama