Mengenal Batik Lebih Dalam

Indonesia memang sudah dikenal sebagai negara dengan aneka ragam kebudayaan yang luhur. Hal ini tercermin dari berbagai macam bahasa daerah, agama dan kepercayaan, adat istiadat, hingga makanan khas. Bukan hanya itu, Indonesia juga memiliki macam-macam motif batik sebagai salah satu hasil kebudayaan yang masih dilestarikan dan populer hingga saat ini.

Macam-macam motif batik di Indonesia sangat bervariasi. Bahkan masing-masing daerah memiliki corak khasnya tersendiri. Mulai dari batik Solo, Yogyakarta, Magetan, Cirebon, Pekalongan, Rembang, Bali, hingga Ternate Maluku Utara. Tidak jarang, kain batik menjadi oleh-oleh khas yang bisa dibawa pulang saat berwisata di daerah penghasil batik tersebut.

Biasanya batik sering kali digunakan sebagai kain jarik untuk busana pernikahan bagi masyarakat adat jawa. Bukan hanya itu, batik juga digunakan sebagai bahan untuk membuat baju-baju modern masa kini. Selain digunakan sebagai pakaian, ternyata terdapat beberapa fungsi batik lain yang tidak kalah penting. Fungsi batik ini dapat meliputi fungsi estetis sebagai hiasan hingga simbol sosial.

Jika Anda salah satu penggemar kain atau pakaian batik, beberapa fungsi batik bagi masyarakat Indonesia berikut perlu untuk diketahui. Selain itu juga terdapat beberapa manfaat kain batik bagi bangsa Indonesia sebagai warisan budaya luhur yang tidak kalah penting untuk diketahui. Dilansir dari beberapa sumber, berikut kami merangkum fungsi batik bagi masyarakat Indonesia dan berbagai informasi lainnya perlu Anda ketahui.

Mengenal Kain Batik

Sebelum mengetahui beberapa fungsi batik, perlu dipahami terlebih dahulu pengertian dari batik. Kata batik, diketahui berasal dari bahasa Jawa yaitu “amba” yang berarti menulis dan “nitik” yang berarti membuat titik.

Sehingga dapat dipahami bahwa batik merupakan hasil dari kegiatan menulis dan membuat titik sehingga membentuk gambar motif yang indah. Motif yang dibuat pada batik biasanya menjadi simbol dari proses “lelak’, yaitu suatu peristiwa yang direnungkan dan dituangkan ke dalam gambar.

Fungsi Batik

Setelah mengetahui pengertian batik, berikutnya terdapat beberapa fungsi batik yang perlu Anda ketahui. Dalam hal ini, fungsi batik dibedakan menjadi fungsi praktis dan fungsi estetis. Berikut adalah beberapa fungsi batik bagi masyarakat Indonesia yang perlu diketahui :

1. Fungsi praktis

Fungsi praktis dari kain batik tidak lain adalah sebagai produk yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini, kain batik dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat sandang atau pakaian. Baik pakaian yang digunakan sehari-hari maupun pakaian untuk acara-acara tertentu, seperti batik untuk pakaian kebaya maupun baju pernikahan adat Jawa. Selain itu kain batik juga bisa digunakan sebagai sarung, jarik, selendang, hingga kerudung.

2. Fungsi estetis

Fungsi batik berikutnya yaitu fungsi estetis, yaitu batik yang digunakan sebagai hiasan hingga simbol sosial. Kain batik yang digunakan sebagai hiasan tidak lain karena batik memiliki keindahan dalam setiap motif yang digambar. Dalam hal ini, kain batik dapat digunakan sebagai aksesoris seperti taplak meja, gorden, hiasan dinding, hingga tas.

Sedangkan sebagai simbol sosial, kain batik dibuat dengan berbagai macam teknik dan tingkat kesulitan. Semakin rumit dan memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dalam proses pembuatannya, maka kain batik tersebut mempunyai nilai yang lebih tinggi. Tidak jarang, batik-batik tulis yang dibuat dengan proses yang rumit mempunyai harga yang cenderung mahal.


Motif Batik

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi batik, berikutnya terdapat beberapa motif batik yang perlu Anda ketahui. Secara umum, motif batik dibedakan menjadi motif geometris dan non-geometri. Berikut penjelasannya untuk Anda.

1. Motif geometris

Motif geometris merupakan motif batik yang digambar dengan pola berulang sehingga memiliki bentuk yang simetris. Beberapa jenis motif batik geometris seperti motif swastika, banji, pilin, meander, kawung, tumpal, dan ceplokan. Masing-masing motif batik ini mempunyai ciri khas bentuk yang berbeda-beda, begitu juga dengan makna di dalamnya. Berbagai motif batik ini sering erat kaitannya dengan makna-makna filosofis kehidupan. Sehingga dalam masyarakat Jawa, penggunaan busana kain batik dapat disesuaikan dalam berbagai suasana.

2. Motif non-geometris

Motif non-geometris merupakan motif batik yang mempunyai susunan dan bentuk yang tidak teratur. Motif batik non-geometris ini sering kali ditemui dalam bentuk tumbuhan, bunga, binatang, hingga candi. Ragam hias tumbuhan pada motif batik diaplikasikan dengan bentuk daun, tangkai, bunga, kuncup, sulur dan berbagai bentuk tumbuhan lainnya. Sedangkan motif hewan juga beragam seperti burung, kupu-kupu, ikan, hingga rusa atau kijang.

Manfaat Kain Batik

Setelah mengetahui beberapa fungsi batik dan macam motifnya, kain batik juga memberikan beberapa manfaat tersendiri bagi bangsa Indonesia. Dalam hal ini, batik merupakan salah satu warisan budaya leluhur yang masih terus dilestarikan sebagai ciri khas Indonesia. Bukan hanya itu, berikut beberapa manfaat kain batik yang perlu Anda ketahui :

  • Sebagai warisan budaya leluhur yang menjadi kebanggaan Indonesia. Kain batik merupakan produk atau hasil karya yang mempunyai nilai keindahan dari setiap motif yang ada. Sehingga batik menjadi warisan nenek moyang yang perlu terus dilestarikan.
  • Batik menjadi ciri khas yang mempopulerkan Indonesia di mata dunia. Dalam hal ini, PBB mengakui bahwa batik merupakan warisan budaya yang memiliki nilai estetis tinggi. Bahkan tokoh dunia seperti Nelson Mandela, turut mempopulerkan batik sebagai kekayaan Indonesia yang indah dan luhur.
  • Mengenakan kain atau pakaian batik dipercaya dapat meningkatkan kepercayaan diri. Dalam hal ini, kain batik memiliki motif yang beragam dengan berbagai makna filosofis mental yang mendalam. Orang yang mengenakan pakaian batik juga dilihat lebih berwibawa dan bijaksana.

Salah satu kebudayaan yang menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia adalah seni batik. Melalui seni dan juga tradisi batik ini, Indonesia menjadi lebih dikenal di dunia internasional. Tak hanya itu, batik yang merupakan kesenian asli bangsa Indonesia ini telah berhasil masuk ke dalam pasar internasional. Bahkan, batik Indonesia ini menjadi terkenal karena desain dan juga motif batik nya yang unik dan berbeda dengan tekstil lainnya. Jadi, sudah sepatutnya kita sebagai bangsa Indonesia merasa bangga terhadap seni batik.

Pada masa depan kreasi dan inovasi harus terus berjalan termasuk inovasi untuk memunculkan motif-motif baru serta memaksimalkan kegunaan batik dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan batik dapat disesuaikan menurut bahan, motif, dan warna. Hal ini akan sangat penting karena ketika aspek kegunaan bekerja, batik harus mampu hadir walaupun dengan kreasi yang berbeda. Batik mempunyai beberapa aspek kegunaan yang tentunya bermanfaat bagi manusia. Lantas apa saja aspek kegunaan batik? Simak uraiannya!

Batik sebagai Busana

Banyak desainer muda yang memulai kiprah desain bajunya dengan mengambil batik sebagai inspirasi pembuatan desain baju. Kreatifitas para desainer muda ini banyak melahirkan beragam desain baju batik yang sangat elegan dan memenuhi tuntutan gaya hidup modern.

Batik sebagai Bahan Perlengkapan Hidup

Setelah berkembang menjadi bahan sandang nasional dan sebagai hiasan, kini batik mulai digunakan untuk membuat perlengkapan dan aksesori seperti tas, kantong ponsel, sandal, dan kipas. Perkembangan produk ini memperkuat daya kreativitas sehingga kegunaan batik pun semakin luas. Dengan begitu batik menjadi sangat akrab dalam kehidupan kita.

Sebagai contoh, saat ini sepatu, tas dan produk lainnya yang dikombinasikan dengan motif batik tengah digandrungi para wanita. Tak hanya masyarakat lokal, ternyata sepatu batik D'Arcadia Treasure ini juga mampu mencuri perhatian orang-orang diluar Indonesia. Tidak kalah dengan sepatu bermerk lainnya terutama brand luar negeri yang sering dilirik para pecinta fashion. Sepatu dengan motif batik ini pun tidak kalah cantiknya. Apalagi ukurannya disesuaikan dengan ukuran kaki wanita pada umumnya di Indonesia.

Jika dibandingkan dengan brand luar negeri yang kisaran harganya bisa berjuta-juta. Sepatu atau tas dari D.A.T ini masih terbilang sangat terjangkau. Bisa digunakan untuk kalangan menengah dan ke atas. Mulai dari harga 100.000-an, sudah bisa mendapat sepatu dengan corak batik atau tenun yang berkualitas.

Batik sebagai Bahan Dekorasi

Dalam ilmu tata ruang dekorasi lebih dikenal dengan istilah elemen estetis. Batik yang digunakan sebagai dekorasi dalam ruangan di antaranya bisa berupa hiasan dinding atau wall hanging, sketsel atau penyekat ruangan. dan patung. Penggunaan batik terus berkembang seiring dengan inovasi dan kreativitas para pengusaha dan desainer batik.

Ditinjau dari segi motif, batik bisa hadir dalam nuansa klasik atau pun nuansa modern dengan warna yang menyesuaikan kebutuhan dekorasi. Akan tetapi, ada hal lain yang perlu diperhatikan, yaitu aspek bahan baku yang digunakan untuk membatik. Media batik tidak berupa kain mori dan sutra saja. Batik yang dihadirkan dalam elemen estetis dekorasi harus mempunyai karakter bahan yang lebih kuat dibanding dengan bahan yang digunakan sebagai busana. Bahan untuk batik harus menyesuaikan fungsi pakai dan kegunaannya. Hal ini harus selalu diperhatikan.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama