Facebook menggandakan algoritma di feed utama

Fitur Facebook Terbaru.

Umpan Berita Facebook terbelah menjadi dua jenis. Hari ini, Facebook atau Meta mengumumkan dua feed yang sekarang akan ditemukan di aplikasi iOS dan Android. Beranda adalah nama baru untuk tab yang Anda lihat saat pertama kali membuka aplikasi dan dirancang untuk penemuan berbasis algoritme dengan Gulungan, Cerita, dan konten hasil personalisasi lainnya. Lalu ada tab Umpan yang sama sekali baru, yang berisi kiriman terbaru dari teman, grup, Halaman Facebook, dan favorit, tanpa kiriman "Disarankan Untuk Anda".

Kedua tab tersebut akan dapat diakses dari aplikasi Facebook versi iOS dan Android, di mana mereka akan mulai muncul di bilah pintasan mulai hari ini. Siaran pers Meta mengatakan konten bilah ini dirancang untuk berubah berdasarkan tab mana yang paling banyak digunakan oleh pengguna, tetapi tab ini dapat disematkan untuk memastikan posisi mereka tidak berubah. Perusahaan mengharapkan pembaruan akan diluncurkan secara global dalam minggu depan.

“Salah satu fitur yang paling banyak diminta dari Facebook adalah memastikan orang tidak melewatkan postingan dari teman,” tulis CEO Meta Mark Zuckerberg dalam postingan Facebook yang mengumumkan tentang perubahan tersebut. “Jadi hari ini kami telah resmi meluncurkan tab Umpan tempat Anda dapat melihat kiriman dari teman, grup, Halaman, dan lainnya secara terpisah dalam urutan kronologis. Aplikasi masih akan terbuka untuk umpan yang dipersonalisasi di tab Beranda, tempat mesin pencari kami akan merekomendasikan konten yang menurut kami paling Anda pedulikan. Tetapi tab Umpan akan memberi Anda cara untuk menyesuaikan dan mengontrol pengalaman Anda lebih jauh.”

BACA JUGA : Google Wallet Kini Tersedia Untuk Pengguna Android dan IOS

Membagi umpan seperti ini tampaknya merupakan upaya untuk menyeimbangkan keinginan Meta agar Facebook menjadi lebih seperti TikTok yang merekomendasikan konten dari seluruh platformnya berdasarkan apa yang menurut algoritmenya mungkin menarik bagi Anda dan pendekatan historisnya yang berfokus pada akun pengguna serta halaman yang benar-benar diikuti orang. Tetapi membuat feed Beranda yang baru diganti namanya menjadi default menunjukkan di mana prioritas Meta untuk Facebook berada, dan Meta mengatakan bahwa feed diatur untuk menjadi "lebih dari mesin pencari" ke depan.

Penting untuk diperhatikan bahwa tab Beranda akan tetap menampilkan postingan dari teman dan keluarga, tetapi postingan tersebut akan dikelilingi oleh rekomendasi yang dipilih oleh sistem peringkat mesin pencari. Juga akan tetap ada iklan di tab Umpan. Jadi sepertinya masih akan ada tumpang tindih di antara keduanya.

Langkah ini menunjukkan seberapa banyak News Feed dari Facebook yang telah berubah selama bertahun-tahun karena harus menanggapi tren yang muncul dari pemain media sosial lainnya. Dan, pada tahun 2022, ancaman utama datang dari TikTok . Upaya Meta untuk menghadapinya telah  mengkloning platform media sosial Lasso namun ditutup setelah 18 bulan , dan sekarang fokus perusahaan kemudian beralih ke Reels Instagram untuk memanfaatkan popularitas format video format pendek.

Namun bahaya dari TikTok belum mereda. Facebook, platform media sosial terbesar di dunia, benar-benar kehilangan pengguna harian untuk pertama kalinya pada kuartal terakhir tahun 2021 , dan meskipun platform tersebut kembali tumbuh pada kuartal pertama tahun ini, pertumbuhannya sekarang lebih lambat dari sebelumnya karena TikTok memakan pasar. waktu yang dihabiskan untuk itu dan Instagram. Dengan perubahan hari ini, Facebook membuka jalan untuk merangkul feed yang direkomendasikan secara algoritmik lebih dari sebelumnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama