9 Unit Pasukan Israel Yang Jadi Mimpi Buruk Musuh

Dalam kesempatan ini artikelinstan.com akan membahas tentang 9 unit pasukan Israel yang menjadi mimpi buruk musuh. Untuk penjelasannya mari kita simak secara bersama dibawah ini.

Semua unit militer suatu negara memiliki pasukan elit khusus, yaitu unit paling tangguh yang dapat dibanggakan, dan salah satunya adalah negara Israel. Pasukan khusus milik Israel ini diketahui memiliki kemampuan yang cukup tangguh untuk melakukan tugas-tugas special.

Israel sendiri adalah sebuah negara di Timur Tengah yang memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 14 Mei 1948, sejauh ini pasukan Israel menempati peringkat ke-17 dari 137 negara di dunia berdasarkan perangkingan Military Global Fire Power. Peringkat tersebut dinilai berdasarkan tiga unit semiliter Israel, yaitu Angkatan Udara, Angkatan Darat dan Angkatan Laut, serta beberapa faktor pendukung lainnya. Dan berikut daftar unit pasukan khusus andalan milik negara Israel.

Sayeret Matkal

Sejauh ini negara Israel terus memperkuat angkatan bersenjatanya termasuk membentuk unit-unit pasukan khusus yang dapat diterjunkan di berbagai medan tempur dan salah satunya adalah sayeret matkal.

Sayeret Matkal sendiri adalah sebuah pasukan khusus Israel yang berisikan intel-intel yang bergerak di belakang garis musuh. Bagi para musuh-musuhnya pasukan khusus ini adalah sebuah mimpi buruk namun bagi bangsa Israel pasukan elit sayeret matkal adalah pahlawan dan kebanggaan mereka. 

Dengan berbagai operasi, pasukan baret merah satu ini yang selalu menjadi andalan Israeli Defense Force, sebuah situs militer menempatkan sayeret matkal berada diposisi kelima besar pasukan elit terbaik dunia. Diketahui bahwa pasukan ini dilatih dengan sangat keras, menggunakan persenjataan yang terbaik dan sangat berpengalaman di berbagai operasi militer untuk mempertahankan wilayah yang diklaim oleh mereka sebagai tanah air bangsa Yahudi.

Duvdevan

Duvdevan adalah sebuah unit pasukan khusus yang dimiliki oleh negara Israel, yaitu kontra-terorisme elit yang menyamar dari IDF. Diketahui bahwa pasukan khusus ini melakukan operasi penyamaran di daerah perkotaan dimana mereka sering menyamar dengan pakaian warga sipil untuk menyusup ke sel-sel teror dan mencegah kegiatan teror. 

Selain itu, unit pasukan khusus ini juga melakukan banyak operasi beresiko tinggi dan terbilang sangat rumit, termasuk pembunuhan yang ditargetkan, penculikan dan berbagai misi rahasia lainnya.

Pasukan khusus duvdevan sendiri dianggap sebagai salah unit kontra teror paling sukses didunia, unit tersebut telah melakukan beberapa penangkapan profil tertinggi IDF dan pembunuhan teroris dalam 20 tahun terakhir, salah satu contohnya adalah yang mereka lakukan pada tahun 2017 lalu, saat mereka melakukan lebih dari tiga ratus misi yang berhasil dan sukses.

Egoz

Unit 621 atau dikenal sebagai Eagles adalah sebuah unit pasukan khusus sederet elit pasukan pertahanan Israel yang mengkhususkan diri dalam perang gerilya, pengintaian khusus dan aksi langsung. Unit ini adalah bagian dari Brigade 89 komando pusat IDF atau biasa disebut sebagai Brigade komando. 

Sebelum tahun 2000 pasukan khusus Egoz sini beroperasi terutama di Lebanon dan memerangi ancaman yang datang dari pasukan Hizbullah. Menyusul penarikan diri Israel dari Lebanon Selatan unit tersebut mengalihkan fokus operasinya ke tepi barat dan jalur Gaza.

Dalam pelatihan pasukan khusus satu ini belajar bagaimana caranya menjadi satu dengan lingkungannya dan hampir tidak terdeteksi di lapangan. Sejauh ini pasukan khusus ini dikenal untuk mengatur penyerangannya, mematikan dan menetralkan musuh bahkan sebelum terlihat atau terdengar oleh pasukan lawan.

Maglan

Maglan atau juga dikenal sebagai unit 212 atau Sayeret Maglan adalah unit pasukan khusus sayeret atau pengintaian milik negara Israel yang berspesialisasi dalam beroperasi di belakang garis musuh yang  jauh di wilayah musuh menggunakan teknologi dan persenjataan canggih.

Meskipun pasukan khusus ini adalah bagian dari Brigade Komando IDF namun para personilnya menjalani pelatihan dasar dengan Brigade pasukan terjun payung. Maglan sendiri adalah unit Komando IDF  yang misi utamanya adalah menghilangkan nyawa dari target bernilai tinggi jauh di belakang garis musuh yang ditugaskan untuk beberapa misi yang paling sulit, beresiko tinggi dan berbahaya. 

Unit ini dikenal karena menemukan cara kreatif dan inovatif untuk menyelesaikan sebuah misi yang dijalaninya. Diketahui bahwa pasukan khusus ini berspesialisasi dalam pengintaian, perang anti-tank, teknologi canggih dan persenjataan rahasia lainnya. Sejauh ini IDF merahasiakan misi Maglan dan mengungkapkan sangat sedikit informasi tentang operasi yang diikutinya.

669

Unit penyelamatan dan evakuasi tempur udara 669 adalah pasukan pertahanan khusus milik negara Israel. Diketahui bahwa pasukan khusus milik Israel ini setara dengan para Rescue of the US Air Force. Selain itu, unit 669 ini juga bertugas untuk ekstraksi pemulihan dan perawatan medis untuk tenaga yang terluka, pilot tempur dan warga sipil. 

Spesialisasi mereka termasuk ekstraksi helikopter dan infiltrasi adalah pengendalian cepat, scuba diving dan kontra-terorisme. Selama masa damai unit khusus atau ini membantu menyelamatkan warga sipil yang terluka selama berbagai insiden bencana dan berfungsi sebagai medium maksifil bagi pendaki yang tersesat, terjebak atau terluka yang membutuhkan ekstraksi dari gurun atau ngarai di wilayah Israel.

Unit 669 sendiri telah berpartisipasi dalam hampir semua perang dan konfrontasi Israel. Sejak tahun 1974 mereka telah dikreditkan dengan ratusan penyelamatan dan telah menyelamatkan banyak nyawa selama peperangan.

Yamam

Yaman atau juga disebut unit penanggulangan erorisme Israel adalah unit kontra-terorisme milik negara Israel dan merupakan salah satu dari empat unit pasukan khusus polisi perbatasan Israel. Diketahui bahwa pasukan satu ini mampu melakukan operasi penyelamatan sandera dan penyerangan serta penyergapan offences terhadap sasaran di wilayah sipil.

Selain tugas militer pasukan khusus ini pun juga melakukan tugas sebagai pasukan SWAT dan pekerjaan polisi yang menyamar, oleh karena itu pasukan khusus satu ini dianggap sebagai salah satu unit kontra teror terbaik di dunia.

Yamam  sendiri didirikan pada akhir tahun 1974 setelah pembantaian maloth dimana operasi penyelamatan yang gagal oleh unit pasukan sayeret matkal yang mengakibatkan pembunuhan 21 anak sekolah sebelum penyandera tewas. Karena taktik penyelamatan sandera di wilayah kawan berbeda dari yang digunakan di wilayah musuh, diputuskan untuk membentuk pasukan sipil elit yang mengembangkan dan mempraktikkan doktrin CQB khusus untuk operasi kontra terorisme di wilayah kawan dan  penyelamatan sandera.

Diketahui bahwa para anggota pasukan khusus ini harus telah menyelesaikan layanan Infanteri tiga tahun mereka di IDF dengan level 8 pelatihan IDF atau lebih tinggi.

SHALDAG

Unit 5101 atau lebih dikenal sebagai Shaldag adalah unit pasukan khusus komando Angkatan Udara milik Israel yang merupakan salah satu unit pasukan khusus utama. Shaldag sendiri didirikan tahun 1974 setelah perang yom kippur oleh seorang veteran sayeret matkal yang membawa beberapa Veteran matkal bersamanya. 

Awalnya pasukan ini beroperasi sebagai pasukan cadangan sayeret matkal. Misi Shaldag adalah penyebaran pasukan tanpa terdeteksi ke dalam pertempuran di lingkungan yang tidak  bersahabat untuk melakukan pengintaian khusus, membangun zona penyerangan atau lapangan udara sekaligus melakukan kontrol lintas udara dan tindakan komando lainnya.

Shaldag sendiri beroperasi dari pangkalan udara Palmashim dan para prajuritnya membawa senapan serbu M16 dan M41 ya dilengkapi dengan peluncur granat M203. Untuk risiko sendiri anggota dari pasukan khusus ini membawa pistol seri Glock Seventeen dan senapan Sniper ESP8266.

Tahun  2007 pasukan khusus ini dilaporkan terlibat operasi Orchard, yaitu penghancuran reaktor nuklir milik Suriah. 

Alpinist

Alpinist unit Ibrani adalah sebuah unit cadangan dari Infanteri khusus angkatan pertahanan Israel dibawah komando Utara Israel diketahui bahwa pasukan khusus ini mengkhususkan diri mereka dalam peperangan gunung, peperangan salju dan peperangan Medan, yang sulit di front Utara khususnya  Gunung hermon.

Para anggota dari pasukan khusus ini sangat mahir dalam banyak aspek peperangan salju, diantaranya menembak dan menyerang sambil meluncur. Unit pasukan khusus ini didirikan pada tahun 1983 dan pelatihan unit biasa dilakukan oleh elemen Marcos India yaitu pasukan perbatasan khusus dan penjaga tentara khusus Nepal. 

Kelengkapan standar yang dimiliki oleh pasukan khusus atau ini termasuk senapan serbu M4, senapan mesin ringan dan senapan Sniper nugget.

Shayetet 13

Shayetet 13 adalah pasukan khusus dari Angkatan Laut Israel dan merupakan salah satu unit sayeret atau pengintai utama dari pasukan pertahanan Israel. Pasukan Shayetet 13 sendiri mengkhususkan diri dalam serangan laut kedarat, kontra terorisme, sabotase, pengumpulan intelijen maritim dan penyelamatan sandera maritim.

Selain itu, pasukan khusus satu ini juga dilatih untuk aksi laut, udara dan darat, unit tersebut telah mengambil bagian dalam hampir semua perang besar Israel serta tindakan berbahaya lainnya. Sejauh ini unit pasukan tersebut adalah salah satu yang paling rahasia di militer Israel.

Detail dari banyak misi dan identitas dari para anggota aktif sangat dirahasiakan, tidak hanya itu unit pasukan ini juga dihormati sebagai yang terbaik dari pasukan khusus dunia dibandingkan dengan SEAL angkatan laut Amerika Serikat dan layanan kapal khusus Inggris.

Diketahui bahwa unit pasukan ini memiliki moto yang berbunyi saat kelelawar muncul dari kegelapan, saat bila memotong dengan diam, saat geranat hancur dalam kemarahan.

MISTA'ARVIM

Mista'arvim adalah sebuah nama yang diberikan untuk unit pasukan khusus kontra-terorisme dari pasukan pertahanan Israel dan merupakan polisi Israel yang beroperasi secara menyamar. Unit semacam ini secara khusus dilatih untuk berasimilasi di antara penduduk setempat. Mereka biasa bertugas melakukan pengumpulan intelijen, penegakan hukum, menyelamatkan sandera dan kontra-terorisme serta menggunakan penyamaran dan kejutan sebagai senjata utama mereka.

Mista'arvim sendiri adalah pasukan intelijen yang dilatih secara khusus dan keras untuk menyamar menjadi orang Palestina, ia akan menyusup di tengah masyarakat dan menimbulkan kekacauan atau apapun yang diharapkan oleh Israel. 

Pelatihan mereka termasuk berbicara dan berpikir seperti orang Palestina, berbicara bahasa Arab seperti bahasa Ibu mereka sendiri hingga ke dialek dan aksen di tempat mereka beroperasi seperti Yaman atau Tunisia.

Sebuah media menyebutkan bahwa pasukan ini menjalani praktek ibadah seperti shalat dan puasa serta memiliki pengetahuan yang tepat mengenai agama Islam, anggota mista'arvim sendiri dipilih berdasarkan pertimbangan fisik dengan wajah mirip orang Arab untuk dilatih selama 4 sampai 6 bulan.

Demikianlah pembahasan 9 unit pasukan Israel yang jadi mimpi buruk musuh, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk para pembaca semua. Terima Kasih.


Belum ada Komentar untuk "9 Unit Pasukan Israel Yang Jadi Mimpi Buruk Musuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel